Agustus 03, 2018

33 Tips Menjaga Kewarasan ala Emak


Menjaga kewarasan agar tetap "waras" jiwa raga untuk para emak itu mutlak diperlukan. Apalagi emak dengan segala kerempongan rumah tangga, anak-anak yang alhamdulillah aktif kreatif dan pak suami yang kadang menjelma menjadi big baby boy.

Kewarasan emak menjadi kunci utama agar stabilitas dalam rumah tetap terkendali. Berikut beberapa tips menjaga kewarasan emak ala "saya". Yang tentunya sangat subjective karena murni dari pengalaman yang saya temui sehari-hari.

1. Makanlah sebelum lapar
Terdengar klise yaa teman-teman. Padahal Nabi pun menganjurkan kita untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Bagi saya perut kenyang merupakan obat yang mujarab, karena biasanya kalau lapar akan memicu untuk ngomel-ngomel.

2. Dengarkan murottal setiap hari
Agar batin terasa sejuk dan setan pun ngibrit karena mendengar lantunan ayat suci.

3. Lakukan hal-hal yang membuat bahagia
Hal-hal yang membuat bahagia versi saya itu... Menulis
Menjahit
Makan indomie jam 10 malem saat anak-anak sudah tidur
Ganti layout/posisi perabotan rumah
Merawat Indoor plant
Makan magnum atau silverqueen sendirian
Kalau teman-teman apaaa?

4. Jangan menumpuk cucian
Cuci baju setiap hari agar tidak menumpuk. Pisahkan baju langsung saat diangkat dari jemuran sesuai kategori yang perlu disetrika dulu atau bisa langsung dilipat dan dimasukkan  kedalam lemari.
Jangan menumpuk cucian piring kotor. Segera bersihkan sisa2 makanan kedalam tempat sampah. Setelah bersih dari sisa makanan tumpuk peralatan masak dan makan sesuai kategorinya. Cuci sambil ngobrol dengan si 2.5tahun yang lagi main "tangkap ikan".

5. "Sempatkan" Me Time
Sempatkan untuk Me Time yaa teman-teman. Gak harus setiap hari ko. Saat mulai oleng dan butuh aktualisasi saja. Apalagi kalau me time nya produktif. Suatu saat bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

6. "Buat" We Time dengan suami
Penting lho teman-teman duduk berdua disofa dengan suami malam-malam saat anak-anak sudah tidur. Mengobrol atau sekedar nonton film berdua.

7. Jangan berharap kebahagiaan kepada orang lain sekalipun itu anak atau suami sendiri, berharaplah kebahagiaan hanya kepada Allah. Dan ciptakanlah kebahagiaanmu sendiri.

8. Pijit
Panggillah pijit langganan kerumah. Untuk mengendorkan urat-urat yang menegang, agar kembali rileks.

9. Belanja barang pribadi
Belilah barang-barang pribadi misalnya pernak pernik pribadi, underwear atau sekedar kaos oblong untuk dipakai sehari-hari. Tidak perlu berharga mahal, dan harus beli di mall. Dengan budget lima puluh ribuan dan order via marketplace sudah bisa mendapatkan barang baru yaa teman-teman.

10. Playdate dg teman
Penting lho sesekali bertemu dengan teman se-geng untuk menjaga kewarasan. Kadang saat berbagi keluh kesah kita jadi merasa tidak mengalami kerempongan ini sendirian. Dan bonus senam pipi karena tertawa bersama.

11. Sholat tengah malam dengan khusuk dan curhatlah kepada-Nya hingga bercucuran air mata

12. Menangislah kalau memang dapat melepaskan sebagian penat. Kadang dengan menangis bisa membuat kepala lebih enteng.

13. Mandi pagi
Agar badan lebih fresh dan pikiran lebih jernih.

14. Rapihkan tempat tidur dipagi hari.
Melihat tempat tidur yang rapi menjaga mood seharian tetap baik.

15. Inhale-exhale
Saat anak-anak mulai mengasah kesabaran, tarik nafas perlahan-lahan, tahan dan keluarkan perlahan-lahan dalam hitungan 2x waktu menarik nafas. Dan beristigfarlah..

16. Ubah omelan menjadi doa.
Saat si bungsu yang mulai menguji kesabaran, ubahlah omelan menjadi doa. "Anak ummi yang sholeh, ahli surga, hafizd quran......"

17. Turunkan standar perfeksionis
Misalnya yang awalnya semua baju harus disetrika, turunkanlah standar menjadi yg perlu disetrika dan yang bisa langsung dilipat dan ditaroh dilemari.

18. Bangunlah lebih pagi dari anak-anak dan suami.
Seperti saya yang sedang mengikuti "perkuliahan" saya kerjakan tugas dipagi hari. 30-60menit sebelum memulai aktivitas domestik. Karena tugas-tugas tersebut membutuhkan cukup konsentrasi dan ketenangan saat mengerjakannya.

19. Buatlah list "to do" dalam satu hari
Buat yang rasional dan mudah diaplikasikan. Karena kalau terlalu banyak dan berat, malah akan memojokkan diri sendiri dan menambah stress.

20. Buat menu masakan dan masaklah yang mudah
Buat list menu masakan minimal dalam tiga hari dan belanja sekaligus. Untuk menghemat pikiran mencari ide memasak dan menghemat waktu berbelanja. Jangan kawatir kehabisan ide mau masak apa, di google semua resep tersedia. Hehe..

21. Masaklah one dish meal
Yaitu lauk dan sayur dalam satu menu. Misalnya sup daging, tumis brokoli udang, dll.

22. Masaklah dalam porsi banyak sekaligus dipagi hari. Jadi bisa sampai untuk makan siang. Saat makan malam masaklah menu yang mudah. Seperti spageti, omelet, tahu telor, dll.

23. Stok bakso, sosis, ayam ungkep, telor, sambel botolan di kulkas. Stok juga mie, spageti, krupuk, snack camilan anak di lemari dapur. Jika sewaktu-waktu abang sayur libur masih tenang karena masih ada persediaan bahan siap masak didapur.

24. Kesalon atau memanggil jasa salon kerumah
Untuk sekedar gunting rambut atau luluran cukup membuat kita cantik dan segar kembali

25. Baca Alquran setiap hari
"Sempatkanlah" membaca Alquran setiap hari. Hati menjadi adem, membaca Alquran itu rasanya seperti menyiram hati yang kering.

26. Dapur tutup sesekali
Sah-sah saja dapur tutup sesekali saat wiken. Makan diluar untuk merecharge semangat makan sekeluarga. Tidak harus selalu yang mahal yaa teman-teman. Sesekali boleh juga mencoba tempat makan baru rekomendasi teman.

27. Jalan-jalan saat wiken
Tidak perlu piknik ke tempat yang jauh dan mahal ke taman kota yang adem dan murah meriah pun cukup menyegarkan pandangan.

28. Olahraga ringan
Olahraga ringan dapat mengendorkan otot-otot yang tegang. Tidak perlu menjadi member di fitnes center yang mahal itu, yang penting niat dan rutin dilakukan. Misalnya dengan jogging dipagi hari, yoga atau workout ringan via youtube dirumah juga oke.

29. Ubah keluh kesan menjadi doa memohon kemudahan dalam menjalani peran sebagai istri, ibu dan pribadi.

30. Ketika terjadi kebingungan peran, kembalikan ke prioritas peran yaitu sebagai istri, ibu kemudian baru peran pribadi.

31. Ganti daster gombrong menjadi pakaian fit body yang nyaman dipakai dan dilihat
Kalau masih bisa di make over, make overlah daster gombrong menjadi baju yang pas dan nyaman dipakai. Kalau sudah tidak layak pakai (ada yg bolong di pundak, warna sudah kusam, berjamur karena asi atau sudah melar) alih fungsikan lah menjadi lap dan belilah "daster" kekiniyan yang nyaman dipakai dan sedap dipandang.

32. Jangan segan-segan meminta bantuan suami untuk mengerjakan perkerjaan domestik
Percayalah suami akan senang bila dilibatkan dalam urusan rumah tangga. Sekedar menyapu rumah, mengelap kompor atau mengeluarkan belanja bulanan dari bagasi mobil ke dapur.

33. Libatkan si sulung dalan rutinitas.
Seperti membuang sampah, menyapu halaman, menyiram tanaman.


Depok, 1 Agustus 2018
Ummu Amisha


0 komentar:

Posting Komentar